Tiga Ukuran

Sulit untuk mengenali karakter seseorang jika hanya dilihat dari postingan sosmednya. Bahkan yang sudah kenal lama atau mungkin bertemu setiap hari saja kadang masih sulit untuk dikenali sifat aslinya.

Tapi ternyata jauh sebelum ditemukan ilmu psikologi atau pun ilmu tentang menilai karakter manusia, Umar Bin Khattab selalu menggunakan tiga ukuran untuk menimbang benarkah seseorang mengenali akhlak orang lain ? .

Coba deh simak kisah ini
.

Satu hari ketika seseorang memuji kawannya dalam persaksian sebagai orang baik, ‘ Umar bertanya padanya, ” Apakah engkau pernah memiliki hubungan dagang atau hutang piutang dengannya, sehingga engkau mengetahui sifat jujur dan amanahnya ?”
.

Belum
.

____ ” Pernahkah engkau, berselisih perkara dan bertengkar hebat dengannya sehingga tahu bahwa dia tidak fajir (merendahkan) dalam berbantahan ?” .

Juga belum… .

_______ . ” Pernahkah engkau bepergian dengannya selama 10 hari sehingga telah habis kesabarannya untuk berpura-pura lalu kamu mengenali watak-watak aslinya ?” .

Itu juga belum.. .

_____ “Kalau begitu pergilah kau, hai hamba Allah. Demi Allah kau sama sekali tidak mengenalnya !” ______

Baca cerita ini saya jadi tertegun, hebat banget standar yang Umar tetapkan sejak dulu, akurat, mendalam dan tetap bisa diaplikasikan di jaman now 😇😇 .

#catatanadenits


Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

INSTAGRAM
https://www.instagram.com/adenits/