READING

Awal mula (belajar) jepret makanan (#1)

Awal mula (belajar) jepret makanan (#1)

Kemarin tiba-tiba ada DM dari teman lama, selain bertanya kabar dia juga tanya saya belajar motret di mana?. Katanya dia suka melihat foto-foto makanan saya dan kalau ada proyek motret, mau ngajak saya jadi food stylist. Whoaaa… tersanjung! Walau sesungguhnya kemampuan motret saya biasa saja dan kemampuan styling juga kategori masih perlu banyak latihan, tapi saya berterima kasih atas apresiasi teman lama saya itu.

Lalu tiba-tiba ingatan saya menembus waktu dan akhirnya mencoba mengingat, sejak kapan ya saya mulai suka food photography?

Sebenarnya sejak masih belia dulu, kalau lagi baca majalah saya suka sekali melihat-lihat iklan makanan. Kalau baca resep makanan di majalah kan suka ada tuh foto dengan terigu dan telur berantakan. Saya suka sekali memandangi foto kekacauan dapur atau cara orang menyajikan makanan. Ingat sekali dulu ketika SMP ada pelajaran Tata Boga. Pelajaran yang tugas akhirnya adalah membuat kelompok lalu menyajikan menu makanan pilihan dan menatanya.

Dulu, saya kira pelajaran ini kurang berfaedah (oya ampun, jangan ditimpuk ya… ini hanya sebuah pemikiran anak yang kurang cerdas tentang life skill pada masanya :D). Karena, sungguh saat ini saya malah sangat bersyukur pernah dapat pelajaran ini. Kepake banget dalam urusan rumah tangga! *cium tangan bolak/ik sama almarhumah bu Guru Tata Boga.

Oke lanjut, gara-gara suka lihat iklan makanan di majalah dulu, entah kenapa saya pernah berangan-angan untuk bisa memotret makanan seperti itu. Beruntung social media mempertemukan saya pada banyak profesi yang dulu saya sama sekali tidak ketahui keberadaannya.

Alkisah di 2015, waktu masih rajin ‘gaul’ di Twitter, ada iklan di The Urbanmama bahwa akan ada workshop Food Photography and styling dari Ditut yang sedang pulang ke Indonesia. Sesungguhnya saya tadinya nggak tahu mbak Ditut siapa (iya, memang saya anaknya agak kuper haha ) , tapi terus gara-gara follow akhirnya jadi tahu bahwa mbak Ditut ini adalah pekerja seni yang karya-karyanya memang menggemaskan. Akhirnya saya tertarik ikutan workshop itu. Workshop perdana tentang ilmu jepret dan menata-nata makanan. Kala itu agak mahal sebenarnya, tapi terus karena butuh banget buat kesegaran hidup jadi ikutan lah workshop dan ternyata seruuuu!

SAMSUNG CAMERA PICTURES


Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

INSTAGRAM
https://www.instagram.com/adenits/