Idul Fitri di Tengah Pandemi

Katakanlah, “Terangkanlah kepadaku jika Allah mencabut pendengaran dan penglihatan serta menutup hati kalian, siapakah tuhan selain Allah yang kuasa mengembalikannya kepada kalian?โ€ .
____________

Sepotong ayat dari Surat Al-Al’am : 46 yang digaungkan di Khutbah Ied kemarin bikin merenung dan bergidik membayangkan kehidupan kalau sampai 3 hal itu tercabut dari diri ini.

Tapi yang Allah cabut di Ramadan kemarin hanyalah sedikit kenikmatan. Diantaranya mungkin nikmat kumpul-kumpul, tapi Allah gantikan dengan kenikmatan luas dengan rasa khusyuk ibadah dirumah aja.

Nikmatnya bisa buka puasa bersama keluarga di rumah dan nggak pusing dengan undangan buka puasa bersama. Shalat di awal waktu yang terjaga. Iman yang naik turun jadi stabil karena selalu ‘dicharge’ full lewat serial kajian online dari para guru yang masya Allah sepanjang Ramadan. Ayat-ayat Qur’an selalu menggema dari sudut-sudut rumah. Kualitas waktu keluarga terbaik di bulan terbaik… .

Itu baru sedikit kenikmatan dari jutaan nikmat yang telah direguk di Ramadan di tengah pandemi. Sibuk memang di rumah, tapi kesibukannya insya Allah penuh faedah.

Dan hari ini. Ada rindu yang pecah dalam Idul Fitri yang bersejarah. Tahun lalu, kami cuma bisa berkumpul via video call dari Masjidil Haram. Tahun ini Imam dan khutbah Idul Fitri oleh suami sendiri bersama keluarga inti. Mungkin tidak bisa memeluk erat semua, tapi saling memeluk erat dalam doa seperti jadi kekuatan.

Imam dan Khatib Idul Fitri yang akan tercatat dalam sejarah kehidupan keluarga kami

Puncaknya, demi menyenangkan hati para eyang yang mellow nggak bisa ketemu di momen yang dinantikan ini, kumpul bareng keluarga KH. abdul Manan tetap bisa dilakukan secara online, tetap syahdu dengan tausyiah lebaran yang penuh gizi untuk hati๐Ÿ’“ .

Semoga ujian kesabaran di Ramadan kemarin bisa jadi ‘bekal mudik’ yang sesungguhnya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri
ุชู‚ุจู„ ุง ุงู„ู„ุบุฉ ู…ู†ุง ูˆ ู…ู†ูƒู…
“Taqabbalallahu minnaa wa minkum”
Semoga Allah menerima amalan kita semua
Semoga berjumpa ramadhan selanjutnya dengan lebih baik.

Mohon maaf lahir bathin ya๐Ÿ™๐Ÿ˜Š๐Ÿ’“ .
#catatanadenits
#thepriambodos


Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

INSTAGRAM
https://www.instagram.com/adenits/