READING

Contek Cara Belajar Adabnya Para Ulama

Contek Cara Belajar Adabnya Para Ulama

Iri sekali kalau melihat orang yang punya adab sangat indah. Makin mempelajari adab para ulama, maka kita akan makin dibuat tercengang. Potongan transkrip ini saya ambil dari video pendek kajian yang saya berikan tautannya di bawah. Jangan lupa, kalau ada waktu simak kajian panjangnya 🙂

Kata Hasan Al Bashri, “Seseorang diantara kita melakukan safar untuk memiliki sebuah adab sampai menghabiskan waktu bertahun-tahun”

Jadi, para ulma klasik jaman dulu, untuk menguasai sebuah adab, rela safar bertahun-tahun. Untuk bisa senyum, lemah lembut, santun, nyarinya jungkir balik. Datang ke A, datang ke si B.

Makanya teman-temannya, Abdullah Bin Mubarak kaget ketika ditanya mau safar. Seorang ulama besar, alim, orang yang punya akhlak dan adab.

Suaru saat Abdullah bin Mubarak mau pergi dan ditanya sama teman-temannya,

“Mau kemana?”

“Saya mau pergi ke Bashrah (Irak).”

Ditanya oleh teman-temannya, “Ngapain jauh-jauh pergi ke Bashrah?”

Kata Abdullah bin Mubarak, “Aku mau bertemu dengan Ibnu ‘Aun (seorang ulama), sebab aku ingin belajar adabnya dan akhlaknya beliau. Aku nggak mencari Hadits, nggak mencari Fiqih, aku mau belajar adabnya”

Jadi, mereka punya adab yang indah itu belajar. Ada yang bakat dan ada yang belajar. Dan, yang bakatpun kalau tidak diasah itu nggak jadi dengan sempurna.

Perubahan itu nggak gampang, nggak ada jalan instan, butuh waktu. Kalau mengubah penampilan, itu nggak susah. Yang susah itu mengubah perangai, mengubah sikap…

Mau mengubah penampilan sesuai sunnah? satu hari jadi. Bagi yang ikhwan tinggal beli baju koko, bagi yang akhwat tinggal beli gamis dan cadar. Tapi, mengubah yang keras menjadi lembut itu tahunan.

Bahkan para ulama pun butuh belajar adab sampai bertahun-tahun.

Dinukil dari video pendek kajian “Ngapain safar jauh-jauh? Mau belajar akhlak” Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri.

Tonton kajian lengkapnya di dalam judul “ULAMA PUN MEMPELAJARI ADAB”.


Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

INSTAGRAM
https://www.instagram.com/adenits/